Fungsi

e-Customs adalah sebuah aplikasi bagian dari Trade2Government yang ditujukan untuk pembuatan dan penyampaian dokumen deklarasi kepabeanan, meliputi : dokumen deklarasi impor (Pemberitahuan Impor Barang – PIB), dokumen deklarasi ekspor (Pemberitahuan Ekspor Barang – PEB), dokumen terkait pengusaha kawasan berikat, dokumen kedatangan sarana pengangkut, dan dokumen deklarasi muatan kapal. Pengguna e-Customs dapat menyiapan dokumen kepabeanan secara online, di mana saja dan kapan saja. Melalui e-Customs pengguna juga dapat mengirimkan dokumen deklarasi kepabeanan ke sistem Bea & Cukai secara online dengan menggunakan standar keamanan dan standar penyampaian dokumen yang direkomendasikan oleh World Customs Organization (WCO). Semua respon terhadap dokumen deklarasi kepabeanan diterima secara otomatis oleh aplikasi e-Customs dan dapat dicetak di mana saja. e-Customs memberikan kemudahan pengguna dalam melakukan penyiapan, pengiriman, pencetakan, dan pengelolaan dokumen deklarasi kepabeanan sampai penerimaan respon.

Fitur-fitur dalam e-Customs :

  1. Berbasis web untuk kemudahan akses di mana saja dan kapan saja.
  2. Penggunaan satu identitas perusahaan untuk penyampaian dokumen deklarasi kepabeanan yang berbeda-beda.
  3. Dapat menerima dokumen deklarasi kepabeanan yang dibuat dengan menggunakan Modul Kepabeanan versi terbaru.
  4. Menggunakan standar dokumen UN/EDIFACT sesuai dengan rekomendasi WCO.
  5. Pengiriman dokumen dan penerimaan respon langsung ke sistem Bea & Cukai yang terintegrasi dengan sistem Indonesia National Single Window (INSW).
  6. Pencetakan dokumen deklarasi kepabeanan beserta responnya seperti halnya cetakan yang dihasilkan oleh Modul Kepabeanan versi desktop/offline.